Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar Hukum Ktna

Dasar hukum ktna

Dasar hukum ktna

Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) merupakan organisasi masyarakat sebagai wadah musyawarah petani-nelayan sekaligus sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan pertanian.

Apa yang dimaksud dengan KTNA?

TENGGARONG - Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) merupakan ajang pertemuan para petani dan nelayan yang digagas tokoh tani nelayan sejak tahun 1971.

Apa pengertian dari Kelompok Tani nelayan Andalan KTNA?

Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) merupakan organisasi masyarakat sebagai wadah musyawarah petani-nelayan dan sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan pertanian. Sesuai dengan fungsi tersebut, kelompok KTNA diarahkan untuk mampu berperan meningkatkan dan mengembangkan potensi pertanian.

Apa program Bimas?

Bimbingan Massal yang selanjutnya disingkat Bimas, adalah suatu sistem manajemen pembangunan pertanian untuk menggerakkan partisipasi petani secara massal dengan berorientasi pada koordinasi penyelenggaraan fungsi perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan program Bimas; 2.

Apa itu Penas Tani?

“Penas merupakan proses pembelajaran dari petani, oleh petani, dan untuk petani. Kami berkoordinasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbantan) untuk pesiapkan teknologi dan inovasi yang akan diperagakan nanti. Semua (teknologi.red) ini akan dilihat langsung oleh petani.

Apa saja kegiatan kelompok tani?

kelompok tani difungsikan sebagai kelas belajar bagi para petani dan peternak dalam menggali infomasi untuk mengembangkan usaha tani mereka. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya seperti pelatihan/penyuluhan, diskusi, dan saling bertukar ilmu.

Apa yang dimaksud dengan kontak tani?

kontak tani adalah petani yang atas kesediaan sendiri bekerjasama sebagai partner penyuluh pertanian dalam menyelenggarakan kegiatan- kegiatan penyuluh pertanian bagi kelompok taninya dan masyarakat sekitarnya.

Jelaskan apa saja karakteristik Kontak Tani?

Karakteristik kontak tani dijelaskan pula oleh Depositario seperti dikutip dari Mardikanto (1993), yaitu: orang yang memiliki waktu yang cukup sehingga mudah dihubungi masyarakat, mempunyai kondisi fisik dan mental yang kuat, memiliki kesediaan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, memiliki kepekaan sosial yang

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kelompok tani?

Kelompok tani adalah kumpulan petani/peternak/pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan (sosial,ekonomi,sumberdaya) dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkaan usaha anggota.

Apa itu revolusi hijau di Indonesia?

Revolusi hijau adalah upaya dan cikal bakal kemajuan teknologi pertanian untuk meningkatkan produktivitas hasil pangan. Tujuannya adalah mengubah penggunaan teknologi tradisional pada sektor pertanian dengan menerapkan teknologi modern untuk hasil yang optimal.

Apa yang dimaksud panca usaha tani dan apa keuntungannya?

Panca usaha tani merupakan suatu upaya meningkatkan produktivitas lahan yang meliputi lima langkah terpadu. Lima langkah terpadu yang termasuk dalam panca usaha tani adalah penggunaan bibit unggul, pengolahan tanah yang baik, pemupukan yang tepat, pengendalian hama, dan irigasi.

Siapa yang mengesahkan kelompok tani?

Rapat pembentukan dan pemilihan pengurus dipimpin oleh seseorang yang ditunjuk oleh formatur atau pemerintah setempat yang sekaligus nantinya akan mengesahkan terbentuknya kelompok tani pemula beserta nama pengurus yang terpilih.

Apakah kelompok tani termasuk badan hukum?

“Kita imbau kelompok tani baik yang sudah ada maupun yang akan dibentuk harus memiliki badan hukum,” kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Ketapang, Khoirul Syahri kepada wartawan di Ketapang, Kamis (2/11/2017).

Kelompok tani termasuk lembaga apa?

Kelompok tani merupakan lembaga yang menyatukan para petani secara horisontal, dan dapat dibentuk beberapa unit dalam satu desa. Kelompok tani juga dapat dibentuk berdasarkan komoditas, areal pertanian, dan gender.

Apa perbedaan Gapoktan dan kelompok tani?

Beda halnya dengan Kelompok Tani yang ada lebih dari satu kelompok dalam satu desa dan hanya sebagai tempat atau wadah untuk para petani, Gapoktan atau gabungan kelompok tani ini mempunyai arti lebih luas yaitu gabungan dari seluruh kelompok tani yang ada dilingkungan desa atau kelurahan setempat.

Apa itu Poktan dan Gapoktan?

Dalam sistem pengembangan pengolahan (agroindustri) jagung, kelompok tani (Poktan) berperan dalam kegiatan budidaya dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) berperan dalam kegiatan pengolahan dan pemasaran. Jagung sebagai substitusi beras, juga digunakan untuk pakan ternak serta bahan baku industri.

Apa hubungan kelompok tani dan gapoktan?

Penggabungan kelompok tani ke dalam gapoktan dilakukan agar kelompok tani dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna, dalam penyediaan sarana produksi pertanian, permodalan, peningkatan atau perluasan usaha tani ke sektor hulu dan hilir, pemasaran serta kerja sama dalam peningkatan posisi tawar.

Apa dasar hukum kelompok tani?

DASAR HUKUM 1. Undang-undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. 2. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. 3. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Mengapa kelompok tani dibentuk?

Kelompoktani merupakan tempat untuk memperkuat kerjasama, baik di antara sesama petani dalam kelompoktani dan antar kelompoktani maupun dengan pihak lain, sehingga diharapkan usahatani lebih efisien dan mampu menghadapi ancaman, tantangan, hambatan, serta lebih menguntungkan.

Berapa maksimal anggota kelompok tani?

(3) Kelembagaan petani sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dibentuk pada setiap desa/kelurahan dan/atau kecamatan. (4) Jumlah kelompok Tani sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a pada setiap wilayah binaan, maksimal 16 (enam belas) Kelompok Tani.

14 Dasar hukum ktna Images

Pin di bts fanart

Pin di bts fanart

Hukum Archimedes  Pengertian Bunyi Rumus Penerapan dan Contoh Soal

Hukum Archimedes Pengertian Bunyi Rumus Penerapan dan Contoh Soal

Pin on RANDOM MENGG

Pin on RANDOM MENGG

Law Book Clipart Transparent PNG Hd Learning Law Book Illustration

Law Book Clipart Transparent PNG Hd Learning Law Book Illustration

Gue mau lo pergi dari rumah gue Dasar cewek kampung Ketika l

Gue mau lo pergi dari rumah gue Dasar cewek kampung Ketika l

Pin by sharkie on AlQuran  Islam  Tajweed quran Quran pdf Learn quran

Pin by sharkie on AlQuran Islam Tajweed quran Quran pdf Learn quran

Designer jewelry of Baisa Raj Hukum  Wedding jewellery designs Bridal

Designer jewelry of Baisa Raj Hukum Wedding jewellery designs Bridal

Sifat Koligatif Larutan dan Sifatnya Menurut Hukum Roult Materi

Sifat Koligatif Larutan dan Sifatnya Menurut Hukum Roult Materi

Hey Idiot I Love You  Jeno X You SELESAI  Nct Tsundere Wattpad

Hey Idiot I Love You Jeno X You SELESAI Nct Tsundere Wattpad

17 Terbaik gambar tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan

17 Terbaik gambar tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan

Jeon Jungkook berpacaran dengan Jeara Lee anak fakultas hukum yang m

Jeon Jungkook berpacaran dengan Jeara Lee anak fakultas hukum yang m

bt21

bt21

a close up of a person with a beard and blue shirt looking at the camera

a close up of a person with a beard and blue shirt looking at the camera

Post a Comment for "Dasar Hukum Ktna"